twitter



                       ElEMEN MESIN:
 adhesive itu sendiri adalah suatu bahan yang digunakan untuk menyatukan atau menyambungkan suatu bahan yang sama ataupun berbeda jenis materialnya,baik itu logam dengan logam,logam dengan kayu,logam dengan karet dan sebagainya.
sambungan adhesive itu sendiri berarti adalah penyambungan suatu bahan baik sama maupun berbeda jenis materialnya dengan memanfaatkan kontak permukaan ditambah adhesive ( lem ) sebagai media penyabungnya.

keuntungan sambungan adhesive dibandingkan sambungan yang lain

a.dapat menyambung bahan yang sejenis maupun berbeda,seperti : logam dengan logam,logam
   dengan kayu,logam dengan karet dan sebagainya
b.beban yang diterima merata
c.tidak mengalami konsentrasi tegangan
d.isolator terhadap panas dan listrik
e.pengerjaan pada suhu rendah
f.pengerjaan tidak merudak permukaan
g.tidak terjadi korosi
h.menyesuaikan diri terhadap pemuaian
i.mudah dan murah
k.tidak menambah berat/Volume.terutama untuk perancangan pesawat terbang
l.kedap gas dan cairan

kerugian sambungan adhesive dibandinkan sambungan lainnya
a.kemampuan mesahan beban bengkok,kejut dan kupas rendah
b.kemampuan untuk menahan panas terbatas
c.kurang tahan terhadap beban berganti
d.memerlukan penanganan awal untuk benda yang akan direkat
e.waktu pendinginan dan pemanasan memerlukan waktu yang cukup lama hingga adhesive benar
   benar mengikat,terutama pada suhu yang tergolong panas
f.harus memperhitungkan kontak permukaan yang cukup
g.sukar dalam pengujian non-destruktif (pengujian kerusakan bahan )

Persiapan permukaan subsrat ( bidang kontak bahan yang akan direkat )
a. degreese - pembersihan pelarut
                  - pembersihan alkaline
                  - semprot pembersih

b. abrasi  - sunblusting
               - kawat penyikat
               - ditembak peening
               - pengamplasan ( 80-150 grade untuk baja,300-600 untuk baja paduan )
c. pembersihan dengan kimia  - plasma treathmen
                                                - corona descharge
                                                 - flame treatmen


Adhesive yang digunankan untuk logam

a. epoxy
b.akrilik
c.silikon
d.polyutherane

dasar-dasar ikatan perekat 
menurut Dr. dimitri kovellovich
ikatan perekat adalah proses bergabungnya dua bahan atau lebih bagian bahan padat dengan zat
perekat
,bahan dari bagian yang akan direkat mungkin sama atau mirip. bahan lapisan perekat umumnya adalah polimer ( alami atau sintetis ) dan ketebalan lapisan perekat biasanya tidak melebihi 0.02" atau 0,5mm.


struktur sambungan perekat 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5G3ENfKqQP9fBjacYOGgX4h2vW-DxEZ4jGyhEPNEzl9LAEnvhYxwjiyTcmJy6dyEU9nHnmyCPq5pvjW78Ro6QeJsD0wiSCtCrtxNaKVWmVhsW26Bvk8k0xlddg2g776mQf_oggq7KWdcK/s320/structur+dr+sambungan+adhesive.png
 ket : subsrat adalah bahan yang akan disambung
         boundary adalah batasan ikatan perekat


adhesion

adhesi adalah serangkayan proses fisika yang terjadi pada bagian antar muka
dari dua bagian bahan yang akan disambung,yang menghasilkan gaya tarik menarik antara dua bagian bahan.
kekuatan adhesi adalah gaya yang dibutuhkan untuk melawan gaya pemisah bidang kontak pada bahan yang akan disambung.

faktor-faktor yang menentukan kekuatan ikatan perekat
1. faktor mekanis menyediakn ikatan adhesi yang juat karena
- lias antar muka yang lebih luas
- interlocking bahan pada permukaan micro-void
2. faktor kimia
-ikatan ion
-ikatan kimia

kegagalan ikatan perekat
1 kegagalan struktur
2 kegagalan perekat
3 kegagalan kohesive
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgVrLAmjNpwHcOYQYoSpF0xgKqYus0UYlazcCiV9bQXOZ1SeyuPlzr96eNg2EQ-zwIRu5UZpIrpKm-vvqg7koBq_wCondXG_Zs4s41-d0maCSsiUNVUwEBvwk0xUM9hr_TsRU6gw1Ke-D2t/s320/kegagalan+perekat.png

tipe beban yang dapat diterapkan pada sambunga adhesive
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHscr4iBkbQDEBx_nFsUsSA3jwXUybFqBe-RdASiDCi-VF56UtV2NRmILUuI3HGOuyG1dxdPBQD1vKjb3j9EXGM_AcSrJE6-AwKH7JuIJM_d-bCP9TQq4BaPRqTjxo2bMnQzCxyKqCAbhQ/s320/fetch.php.png

tipe tipe sambungan adhesive
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjTfX7oL9LlILMhDA7XDLXq4d4IRtDR0A_pncCLrOwvJ7jfrdh_SJ-dXNN61UdszpatoTKNlDXseMu2nU4-eg65Nm5lMdRNVU8fCLaCMFvTLh-S14IEWeyg8x4jCYRVzPJX9cu0dONTgceM/s320/hugugu.png

penambahan kekuatan sambungan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7H5g3qgoxBB5ROQ0s0L7Gf26C76eFei8GFKiGOQIklKSmt84Rp5BjrWuAvHr-SX_1mRn_FgEUB3O8PXSDCiYI6taHfKDpIMLYE4HrU47laCu7WvsBCJ-XLMTY9fGhCG2gQgekWSXKh2XS/s320/uuhuhu.png



                            FISIKA


Apa perbedaan tentang hukum pascal dan archimedes?

Hukum Pascal
Jika suatu zat cair dikenakan tekanan, maka tekanan itu akan merambat ke segala arah dengan tidak bertambah atau berkurang kekuatannya

hukum archimedes
Suatu benda yang dicelupkan ke dalam zat cair
sebagian atau seluruhnya akan mendapat gaya tekan ke atas sebesar
berat zat cair yang dipindahkannya".
Bagaimana penerapan hukum pascal dan archim

Bagaimana penerapan hukum pascal dan archimedes dan jelaskan cara kerjanya?

hukum pascal menyatakan bahwa perubahan tekanan yang dialami oleh cairan takfleksibel, yang berada di dalam wadah tertutup, akan disebarkan secara merata ke setiap bagian cairan tersebut dan terhadap permukaan cairan..
penggunaannya sangat banyak, salah satunya dongkrak hidrolik..
dongkrak hidrolik menggunakan dua buah silinder berisi cairan dengan volume dan luas permukaan yang berbeda, yang satu besar dan yang satu kecil..
jika kita memberi tekanan pada silinder kecil, maka tekanan yang sama akan muncul pada silinder besar..namun gaya yang dihasilkan berbeda..
karena gaya = tekanan x luas penampang, atau
F = P x A
maka, gaya yang dihasilkan pada silinder besar jauh lebih besar dibandingkan dengan gaya yang diberikan pada silinder kecil..inlah sebabnya kenapa seorang kernet bisa menganngkat truk yang beratnya belasan ton hanya dengan dongkrak hidrolik..


hukum archimides menyatakan bahwa besar gaya apung yang diterima oleh benda yang dicelupkanke dalam cairan takfleksibel, sama dengan berat volume cairan yang dipindahkan oleh benda tersebut..
hukum ini pun sangat penting dan digunakan dalam banyak sekali penerapan..
contoh paling sederhana adalah kapal laut.
besarnya gaya apung yang dialami kapal laut sama dengan berat air laut yang dipindahkan oleh bagian kapal yang masuk ke dalam air..





2 komentar:

  1. ^_^

  1. chayooooo dngn tugas2,,,tmnd2

Posting Komentar